Sunday, June 15, 2014

Tanpa Bapak, Sawahpun menjadi tandus

Surakarta, 15 Juni 2014
Teruntuk : Bapakku yang paling ganteng
                 Di Rumahnya Allah SWT

Hai bapak, apa kabar disana ? Rumahnya Allah bagus nggak ? Bapak, ratih kangen banget sama bapak, sudah hampir 1,5 tahun nggak ada bapak yang selalu mengingatkanku dan memelukku. Tanpa bapak hidupku menjadi lebih rumit, nggak ada lagi bapak yang tegas yang mampu mengingatkan adek, menguatkan ibu, bahkan mengingatkanku untuk segala kesalahanku. Bapak, aku bahkan sering marah sama bapak, "Kenapa bapak harus pergi ? Ngopo tho pak (Kenapa ya pak) ? " Apa aku harus menyalahkan bapak ? atau menyalahkan Allah karena telah menjemputmu kembali. Aku membenci saat tanpa bapak, ibu disebut janda, bahkan aku harus selalu mendengar ocehan tetangga "Ibukmu oleh nikah neh gak ? (Ibumu boleh menikah lagi atau tidak) " . Aku bahkan sering menangis sendirian saat adek nggak bisa diingatkan karena adek hanya takut dengan ketegasan bapak, saat ibu dibilang janda, bahkan saat ibu berteman kadang istri dari teman ibu tersebut malah menghujatnya. Bapak aku harus bagaimana ? Bapak berikan ketegasanmu, kasihsayangmu, wibawamu, bijaksanamu padaku agar aku bisa menjadi sosok tegar yang mampu menguatkan ibu dan adek.

Bapak, Tanpa bapak, hidup kami bak sawah yang harusnya hijau menawan menjadi tandus. Bapak kirimkanlah tetesan air hujan untuk kami agar kami senantiasa dikuatkan, dilindungi, serta diberkahi oleh Allah SWT. 

Iya, Memang tanpa bapak hidup kami lebih rumit, tapi aku berjanji aku akan menjadi ratih yang lebih kuat lagi untuk mendukung ibu mengatasi kerumitan hidup kami. Bapak yang tenang ya di rumahnya Allah, Aku akan selalu ingat bapak disetiap sholatku, tidurku, dan nafasku.

Oh, Iya. Sebentar lagi mau hari ulang tahun bapak ya ? 24 Juni, tuhan. Penyesalan pasti muncul diakhir, selama bapak masih selalu mendampingi kami, aku bahkan tak pernah mengucapkan "Selamat ulang tahun, pak. Semoga panjang umur dan sehat selalu" Nyesel banget deh pak, Pengen ngucapin Selamat Ulang Tahun sambil memeluk bapak, dan bilang Ratih sayang banget karo bapak. Nah berhubung bapak udah dirumahnya Allah, Ratih mau ngucapin "Selamat ulang tahun bapak, yang tenang ya disana, ratih janji bakal menjaga ibu dan adek, ratih juga bakal selalu ingat sama bapak, karena bapak adalah satusatunya bapakku dan nggak pernah ada yang bisa menggantikan posisi bapak, Selamanya" 

Hari ini 15 Juni lho, pak !! Happy Father's Day!! Sayang bapak, dan terimakasih atas segala-galanya yang terbaik yang sudah bapak persembahkan untuk kami. 

Tanpa Sosok Bapak 

7 Hari berlalu dengan cepat, aku hanya tau bapak pergi untuk sementara dan nanti akan pulang. Aku menjalani 7 hari tanpa perasaan terluka.Aku bahkan tersenyum dan bilang tak apa apa. Tapi kenapa aku harus tersenyum padahal aku menangis tanpa henti. Semua itu karena alasan yang bodoh karena aku anak pertama yang harus tetap kuat dan tersenyum untuk ibu dan adikku.

40 Hari tanpa bapak, semua bilang bapak selalu ada disampingku namun mata ini seakan tak mampu membaca setiap nafas bapak. Aku mulai menyadari kalau bapak benar-benar pergi dan tak pernah bisa kembali.

43 Hari tanpa bapak, malam ini aku sendirian malam dimana aku bebas meluapkan air mata ini. Bahkan setiap ibu menangis aku selalu bilang bapak bahagia disana, bu . Tapi apa ? aku malah menangis sendirian disini. Yang terakhir dan selalu aku kenang selamanya saat bapak tersenyum terakhir kalinya padaku.

Bapak sekarang lagi apa ? Besok sudah mulai puasa, puasa pertama tanpa bapak. Aku selalu berharap bapak hanya pergi sebentar dan pulang menemani aku ibu dan tatag lagi. Tapi itu hanya harapanku saja dan tak mungkin . Bahkan untuk membayangkan puasa tanpa bapak saja aku tak pernah berani. Mungkin hanya tetes air mata ini yang mampu mengungkapkan betapa terlukanya aku tanpa bapak.    

Dibuat di Klaten, 20:57 08/07/2013 dengan suasana sepi disekitarku
Ada satu lagi yang harus bapak tau, Aku sekarang sudah Move On dari kegalauan tanpa bapak. 

Goodbye, Best Dad 
Bapak . Engkau pergi saat kami tak menduganya .
Bapak . Engkau pergi pun tanpa seucap kata .
Bapak . Terlalu percayakah engkau pada kami .
Bapak . Engkau pergi kembali kepadanya .
Bapak . Kami sedih tapi Kami mengikhlaskanmu .
Bapak . Engkau adalah papa yang terbaik .
Engkau akan selalu menjadi kekuatan kami disaat kami mulai terpuruk.
Engkau akan selalu menyinari kami disaat kami di kegelapaan.
Aku sayang sama bapak .
Bapak . Aku, adek & ibu sayang sama bapak .

Sekian dulu ya pak ceritaku hari ini :D sampai jumpa di surat untuk ayah selanjutnya :D Happy Father's Day! :D 

PERCAYALAH BAHWA BAPAK ADALAH YANG TERBAIK DAN KAMI AKAN SELALU MENYAYANGI BAPAK SELAMANYA
  
Dibuat dengan sepenuh hati untuk bapak, 
agar bapak tetap tahu apa yang kami hadapi tanpa bapak,
kami bersyukur pernah ada sosok bapak yang selalu menyempurnakan hidup kami.

Kami selalu tersenyum dan kuat karena bapak :*