Monday, June 9, 2014

Contoh RPP Tematik

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SDLB-D
Kelas  /  Semester        : I  / 2
Mata pelajaran            : IPS dan PKN
Tema                           : Kesehatan
Alokasi Waktu            : 3 x pertemuan


I.          Standar Kompetensi :
-          PKn :  Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah.
-          IPS  :  Mendeskripsikan lingkungan rumah.

II.       Kompetensi Dasar :
-          PKn : Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah.
-          IPS  : Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah

III.      Indikator
a.       Kognitif :
-       Produk
1.      PKn :
·      Siswa dapat menyebutkan tata tertib yang ada di sekolah.
·      Siswa dapat menyebutkan tata tertib yang ada di rumah.
2.      IPS :
·      Siswa dapat menceritakan tentang lingkungan rumah yang sehat.
·      Siswa dapat menyebutkan contoh perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.



-       Proses
1.      PKn :
·      Siswa diberikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran “Tata tertib di sekolah dan di rumah”
·      Siswa diberikan beberapa contoh tata tertib yang ada disekolah.
·      Siswa ditunjukkan lembar tata tertib sekolah.
·      Siswa diberikan kesempatan untuk membaca tata tertib sekolah.
·      Setelah siswa membaca tata tertib disekolah, kemudian guru memberikan penjelasan satu per satu tentang tata tertib.
·      Siswa diberikan kesempatan bercerita tentang sudahkan mematuhi tata tertib sekolah hari ini.
·      Siswa diberikan penjelasan tentang manfaat mematuhi tata tertib disekolah.
·      Siswa diberikan beberapa contoh tata tertib di rumah.
·      Siswa diberikan kesempatan untuk menceritakan tata tertib yang ada dirumahnya.
·      Siswa diberikan penjelasan tentang manfaat mematuhi tata tertib di rumah.
2.      IPS :
·      Siswa diberikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran “ perilaku untuk menjaga kebersihan rumah “
·      Siswa diberikan penjelasan tentang lingkungan rumah sehat.
·      Siswa ditunjukkan gambar lingkungan rumah sehat.
·      Siswa diberikan penjelasan tentang contoh perilaku untuk menjaga kebersihan rumah.
·      Siswa ditunjukkan gambar perilaku untuk menjaga kebersihan rumah.
·      Siswa diberikan kesempatan untuk menceritakan apa saja kegiatan sehari-hari dalam menjaga kebersihan rumah.
·      Siswa diberikan penjelasan tentang manfaat menjaga kebersihan rumah.


-       Psikomotor
1.      PKn :
·      Siswa menulis tata tertib disekolah dan di rumah.
2.      IPS :
·      Siswa menandai perbedaan antara lingkungan rumah sehat dan tidak sehat.
·      Siswa menandai perilaku yang dapat menjaga kebersihan.

-       Afektif
·      Dengan mematuhi tata tertib di sekolah maupun dirumah, dapat melatih siswa untuk bertanggung jawab, disiplin dan mandiri.
·      Dengan mematuhi tata tertib maka akan mempererat hubungan antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru.
·      Dengan ikut menjaga kebersihan lingkungan sekolah (kerja bakti) dapat melatih siswa untuk bekerja sama dan bertoleransi.
·      Dengan mengemukakan pendapat / bercerita didepan kelas akan menumbuhkan rasa percaya diri dan keberanian.

IV.        Tujuan Pembelajaran
-  Siswa dapat menyebutkan tata tertib di sekolah dan di rumah.
-  Siswa dapat melaksanakan tata tertib di rumah dan disekolah.
-  Siswa dapat membandingkan rumah yang sehat dan tidak sehat.
-  Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri rumah sehat dan tidak sehat.
-  Siswa dapat menyebutkan contoh perilaku mejaga kebersihan.



V.       Karakter Siswa yang Diharapkan
-  Disiplin ( Discipline )
-  Tekun ( Diligence )
-  Tanggung Jawab ( Responsibility )
-  Ketelitian ( Carefulness)
-  Kerja Sama ( Cooperation )
-  Toleransi ( Tolerance )
-  Percaya Diri ( Confidence )
-  Keberanian ( Bravery )

VI.   Materi Ajar
-   Tata Tertib di sekolah dan di rumah. ( Buku Pegangan PKN kelas 1 SD )
-   Lingkungan rumah sehat dan perilaku menjaga kebersihan rumah.
( Buku pegangan IPS kelas 1 SD )

VII.       Model & Metode Pembelajaran
-  Model Pembelajaran : Kooperatif
-  Metode Pembelajaran :
Ø  Ceramah
Ø  Diskusi.
Ø  Tanya jawab.
Ø  Demontrasi.
Ø  Pemberian tugas.

VIII.    Langkah – Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pembuka
Apresepsi /  Motivasi :
        Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
        Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
        Menjelaskan tujuan dari pembelajaran yaitu harapan guru terhadap siswa.



2.      Kegiatan Inti
a.       Pertemuan pertama 2 x 30 menit ( PKN & IPS )
·           Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-          Guru meminta anak untuk menceritakan kegiatannya sebelum berangkat ke sekolah.
-          Guru menghubungkan kegiatan anak dengan tata tertib dirumah.
-          Guru menjelaskan pengertian tata tertib.
·           Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
-          Guru meminta anak untuk menjelaskan pengertian tata tertib.
-          Guru bertanya apakah dirumah ada tata tertib ?
-          Guru memberikan contoh tata tertib dirumah.
Misalnya : menyapu halaman rumah setiap sore.
-          Guru menunjukkan gambar ilustrasi tata tertib dirumah.
-          Guru menjelaskan gambar ilustrasi tata tertib dirumah.
-          Guru mengaitkan beberapa tata tertib di rumah dengan perilaku menjaga kebersihan.
-          Guru meminta siswa untuk menyebutkan kembali tata tertib dirumah.
-          Guru menjelaskan contoh perilaku menjaga kebersihan rumah.
-          Selanjutnya guru memberi tugas untuk menandai  gambar contoh tata tertib yang sudah dilaksanakan anak dirumah.
·           Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
-          Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-          Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan



b.      Pertemuan kedua  2 x 30 menit ( PKN & IPS )
·           Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-          Guru meminta anak untuk menceritakan berangkat ke sekolah jam berapa, menggunakan seragam apa.
-          Guru menghubungkan kegiatan anak dengan tata tertib di sekolah.
-          Guru mengulang kembali tentang pengertian tata tertib.
·           Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
-          Guru meminta anak untuk menjelaskan lagi pengertian tata tertib.
-          Guru menunjukkan lembar tata tertib sekolah.
-          Guru menjelaskan maksud dari tata tertib sekolah.
-          Guru meminta siswa untuk menyebutkan kembali tata tertib di sekolah.
-          Guru menjelaskan tentang sanksi jika melanggar tata tertib agar siswa menjadi patuh, disiplin, serta bertanggung jawab.
-          Guru meminta anak berkelompok dan mendiskusikan tentang “Mengapa kita harus mematuhi tata tertib sekolah?”
-          Guru menjelaskan kembali tentang salah satu tata tertib “Jangan membuang sampah sembarangan” . Merupakan contoh salah satu perilaku menjaga kebersihan.
-          Guru meminta siswa untuk menyebutkan contoh lain perilaku menjaga kebersihan di sekolah.
·           Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
-          Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-          Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c.       Pertemuan ketiga 2 x 30 menit ( IPS & PKn )
·      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-          Guru meminta anak untuk menceritakan kembali tata tertib dirumah dan di sekolah
·      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
-      Guru menjelaskan secara singkat tentang tata tertib di sekolah dan dirumah.
-      Guru meminta siswa untuk menyebutkan kembali tata tertib di sekolah dan dirumah.
-      Guru menunjukkan beberapa tata tertib yang berhubungan dengan lingkungan rumah sehat dan perilaku menjaga kebersihan lingkungan.
-      Guru menunjukkan gambar lingkungan rumah sehat dan tidak sehat.
-      Guru meminta siswa untuk membandingkan dan menyebutkan perbedaannya / ciri-ciri dari lingkungan rumah sehat dan tidak sehat.
-      Guru menunjukkan beberapa gambar contoh perilaku, siswa diminta untuk mengelompokkan perilaku yang menjaga kebersihan.
·      Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
-          Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-          Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.

3.      Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan akhir :
-          Guru membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
-          Guru memberikan PR / tugas
-          Guru memberikan pujian terhadap siswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan belajar.

IX. Alat & Sumber Bahan
·           Alat Peraga :
-          Lembar tata tertib di sekolah
-          Lembar tata tertib di rumah
-          Gambar lingkungan rumah sehat dan tidak sehat
-          Gambar contoh perilaku menjaga kebersihan
·           Sumber Bahan :
-          Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
-          Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan

X.    Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
PKn
1.      Menyebutkan tata tertib di rumah
2.      Menyebutkan tata tertib di sekolah

IPS
1.      Membandingkan rumah sehat dan tidak sehat
2.      Menyebutkan cirri-ciri rumah sehat
3.      Menyebutkan ciri-ciri rumah tidak sehat
4.      Menyebutkan perilaku menjaga kebersihan

Tes lisan &
Tes isian

Uraian
isian

Sebutkan tata tertib di rumah ?

Sebutkan tata tertib di sekolah?

Bandingkan rumah sehat dan tidak sehat

Sebutkan ciri-ciri rumah sehat?

Sebutkan ciri-ciri rumah tidak sehat ?

Sebutkan perilaku menjaga kebersihan ?

XI.  Kriteria Penilaian      
1.       Produk ( hasil diskusi )
No
Aspek
Kriteria
Skor
1
Konsep
*semua benar
*sebagian besar benar
*sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.      Performansi
No
Aspek
Kriteria
Skor
1

2
Kerjasama

Partisipasi

* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

4
2
1

4
2
1



3.      Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Pertisipasi
1
2
3
4
5






  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.