Monday, June 9, 2014

Contoh RPP Micro Teaching : Menjelaskan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MICRO TEACHING

                                    Satuan Pendidikan                  : SDLB-C
                                    Mata pelajaran                         : Ilmu Pengetahuan Alam
Pokok Bahasan/KD                : Mengidentifikasi benda padat yang    
                                               disekitarnya
Kelas                                       : 1 ( Satu )
                                    Semester                                  : 2 ( Dua )
                                    Waktu                                     : 15 menit
 

      I.  Ketrampilan yang dilatihkan : Menjelaskan
       Komponen ketrampilan :
1.         Kejelasan
2.         Penggunaan contoh
3.         Pemberian tekanan
4.         Balikan
     II.  Catatan pengetahuan siswa / Kemampuan awal
          Siswa telah mengetahui nama-nama benda yang ada disekitarnya.
    III. Kompetensi Dasar (KD)
         Siswa dapat mengidentifikasi benda padat yang ada disekitarnya.
    IV. Indikator
          Anak mampu menyebutkan benda padat yang ada di sekitarnya.
     V. Materi  Pelajaran
          Benda-benda di kelas







     VI. Kegiatan Mengajar :
No
Kegiatan
Komponen
Ketrampilan
Guru
Siswa
 1





2.














3.

























Tahap pembukaan
a.    Salam
b.    Guru memberitahukan mata pelajaran yang akan dipelajari.
c.    Mengutarakan tujuan pengajaran

Tahap Pengembangan
a.    Menjelaskan dan memberikan contoh
-          Benda padat adalah benda yang keras.
-          Contoh benda padat adalah buku, pensil meja, kursi.
b.    Memberikan pertanyaan
-          Tadi ibu guru sudah menyebutkan contoh benda padat, apa saja anak-anak ?
-          Ibu guru punya kertas bergambar benda padat, ada gambar buku,pensil, meja, dan kursi. sekarang coba tebalkan kata yang ada disamping gambar.

Tahap Penutup
a.    Tadi anak-anak sudah selesai menebalkan huruf, coba sebutkan benda apa yang ada di gambar.
b.    Nah, jadi contoh benda padat yang ada dikelas adalah buku,pensil, meja, kursi.



Mendengarkan

Mendengarkan


Mendengarkan




Mendengarkan



Menebalkan huruf





Menjawab


Mendengarkan

















Kejelasan
Penggunaan Contoh





Balikan






Pemberian Tekanan



































 












   VII. Alat dan sumber pelajaran
         Buku Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SDLB-C Kelas 1
         Kertas bergambar

   VIII. Evaluasi
         Dikerjakan selama proses berlangsung

   IX. Kesan sesudah penyajian :


    X. Kesan sesudah diskusi dengan pengamat :

            
                                                                                          Surakarta,   24 April   2014             

                        Pembimbing                                                    Nama calon guru



                ( Dewi Sri Rejeki,S.Pd.,M.Pd.)                            ( Ratih Adityaningrum )