Monday, June 9, 2014

Contoh RPP Micro Teaching : Memimpin Diskusi Kelompok Kecil

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MICRO TEACHING

Satuan Pendidikan                  : SDLB-A
                                    Mata pelajaran                         : Pendidikan Agama Islam
                                    Pokok Bahasan/KD                : Menampilkan Perilaku Setiakawan
Kelas                                       : 3 ( Tiga )
                                    Semester                                  : 2 ( Dua )
                                    Waktu                                     : 15 menit
 

      I.  Ketrampilan yang dilatihkan : Memimpin diskusi kelompok kecil
       Komponen ketrampilan :
1.      Memusatkan Perhatian
2.      Memperjelas masalah atau uraian pendapat
3.      Menganalisis pandangan
4.      Meningkatkan uraian
5.      Menyebarkan kesempatan berpartisipasi
6.      Menutup diskusi
     II.  Catatan pengetahuan siswa / Kemampuan awal
          Siswa telah mengetahui tentang perilaku terpuji secara umum.
    III. Kompetensi Dasar (KD)
         Siswa dapat menampilkan perilaku setiakawan.
    IV. Indikator
          Anak mampu menyebutkan contoh perilaku setia kawan
     V. Materi  Pelajaran
          Perilaku Terpuji : Setia Kawan

     VI. Kegiatan Mengajar :
No
Kegiatan
Komponen
Ketrampilan
Guru
Siswa
 1
















2































3.
Tahap pembukaan
a.    Salam
b.    “Tadi pagi X, berangkat
     sekolah bareng siapa?”
c.    Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari hari ini yaitu tentang perilaku terpuji.
d.   “Siapa yang sudah tau apa itu perilaku terpuji ? coba sebutkan?
e.    “Nah, salah satu perilaku terpuji adalah setiakawan. Siapa disini yang setiakawan ?”
f.     Guru membagi anak menjadi 2 kelompok kecil. “Coba sekarang kalian berkelompok, W dengan X, Y dengan Z”

Tahap Pengembangan
a.       “Anak anak, tadi kita sudah belajar tentang perilaku terpuji, nah sekarang kita akan mendiskusikannya ”
b.      “Ya, kita akan berdiskusi tentang perilaku setia kawan dan contohnya.Coba diskusikan dengan kelompok kalian”
c.       Guru memberikan waktu untuk berdiskusi.
d.      “Ayo, Kelompoknya X coba ceritakan apa yang kalian diskusikan tentang perilaku setia kawan?”
e.       Guru melatih siswa untuk berfikir kritis  dan  berpartisipasi aktif dalam diskusi.
“Tadi kalian sudah  menceritakan tentang  perilaku terpuji mengenai setiakawan, Apa manfaat yang anak-anak dapat  jika berperilaku terpuji setiakawan?”
f.       “X apa?”
g.      “Y coba?”
h.      “W dan Z?”

Tahap Penutup
Guru membuat rangkuman, mengemukakan tindaklanjut.
“Sekarang kita tutup diskusi tentang perilaku terpuji setiakawan dengan hamdalah, sesama teman kita harus saling menolong itulah setia kawan”
Salam


Menjawab

Mendengarkan


Mengangkat tangan
Menjawab

Menjawab


berkelompok






Mendengarkan



Berdiskusi






Menjawab



Menjawab









Menjawab
Menjawab
Menjawab




Mendengarkan



















Memusatkan perhatian


Memperjelas masalah atau uraian pendapat




Menganalisis pandangan






Meningkatkan uraian





Menyebarkan kesempatan berpartisipasi




Menutup diskusi

   VII. Alat dan sumber pelajaran
         Buku paket Pendidikan Agama Islam kelas 3

   VIII. Evaluasi
         Dikerjakan selama proses berlangsung

   IX. Kesan sesudah penyajian :


    X. Kesan sesudah diskusi dengan pengamat :

            
                                                                                          Surakarta,     Maret  2014             

                        Pembimbing                                                    Nama calon guru



                ( Drs. Maryadi, M.Ag )                                     ( Ratih Adityaningrum )