Monday, June 9, 2014

Contoh RPP Micro Teaching : Membuka & Menutup Pelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MICROTEACHING

Satuan Pendidikan                  : SDLB-E
Bidang studi                           : Ilmu Pengetahuan
                                    Mata pelajaran                         : Ilmu Pengetahuan Alam
                                    Pokok bahasan                        : Mengenal bagian-bagian utama hewan dan 
                                                                                      tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah 
                                                                                      melalui pengamatan                         
Kelas                                       : 2
                                    Semester                                  : 1
                                    Waktu                                     : 15 menit



  1. Ketrampilan yang dilatihkan : ketrampilan membuka dan menutup pelajaran.
Komponen ketrampilan
1.      Komponen ketrampilan membuka pelajaran
a.       Menarik perhatian siswa
b.      Menumbuhkan motivasi
c.       Memberi acuan
Mengutarakan tujuan pengajaran dan batas tugas
Menyarankan langkah-langkah yang akan dilakukan
Mengingatkan masalah pokok yang akan dibahas
d.      Membuat kaitan
Menjelaskan konsep/pengertian
Membuat kaitan antar aspek yang relevan
Membandingkan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang telah diketahui
2.       Komponen ketrampilan menutup pelajaran
a.         Meninjau kembali bahan yang telah dipelajari dengan menyimpulkan materi
b.         Mengevaluai dengan menyuruh anak menjawab soal
c.         Memberikan tugas / PR yang sesuai, bermakna dan bermanfaat
  1. Catatan Pengetahuan Siswa
Siswa telah memperoleh pengetahuan tentang nama hewan dan tumbuhan.
 III.            Kompetensi Dasar (KD)
Mengenal  bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
 IV.            Indikator
Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian utama hewan & tumbuhan.
    V.            Materi Pelajaran
Bagian-bagian utama hewan & tumbuhan
 VI.            Kegiatan Mengajar
No
Kegiatan
Komponen Keterampilan
Guru
Siswa
1.







2.






































3.
Tahap membuka pelajaran:
a.    Salam, menanyakan keadaan, dan berdoa
b.    Guru menunjukkan gambar hewan dan tumbuhan.
c.    Siapa yang  tahu bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan ?

Tahap Pengembangan :
a.    Mengutarakan tujuan pengajaran mengenal bagian tubuh hewan & tumbuhan.
b.    Guru menunjukkan beberapa contoh gambar hewan (ayam, ikan dan tumbuhan
c.    Selanjutnya, guru menjelaskan bagian-bagian utama hewan ada 3 yaitu kepala, badan, dan anggota gerak.
d.   Guru menjelaskan bagian-bagian tubuh ikan dan fungsinya.


-          “Sekarang coba sebutkan apa saja yang berada di bagian kepala, badan, dan anggota gerak ayam”
-          “ Ayo X, coba sebutkan apa saja yang berada di bagian kepala ayam?”
-          “ Ayo Y, coba sebutkan apa saja yang berada di bagian badan ayam?”
-          “ Yang terakhir coba sebutkan apa anggota gerak yang dimiliki ayam?“
e.       Guru menjelaskan Menjelaskan kegunaan bagian-bagian hewan
-          “Coba apa lagi kegunaan dari bagian-bagian hewan ?”
-          “ siapa yang tau kegunaan jalu dan jengger ayam ?”
-          “Tadi kita sudah belajar tentang bagian-bagian utama hewan, sekarang coba sebutkan bagian-bagian tumbuhan ? “

Tahap menutup pelajaran:
-          “Nah anak-anak  tadi kita sudah mempelajari bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan, mari disimpulkan bersama-sama!.”
-           “Sekarang ibu ingin tahu coba kalian satu persatu menyebutkan bagian-bagian tubuh hewan & tumbuhan!”
-          Setelah mengetahui bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan, anak-anak harus tau kegunaan dari setiap bagian utama hewan dan tumbuhan dan akan kita bahas minggu depan.

Mendengarkan

Memperhatikan

Menjawab



Mendengarkan


Memperhatikan


Mendengarkan



Mendengarkan



Menjawab



Menjawab


Menjawab


Menjawab


Mendengarkan

Menjawab

Menjawab

Menjawab





Menyimpulkan bersama-sama



Menjawab



Mendengarkan




Menarik perhatian siswa
Menimbulkan motivasi


Memberi acuan (Mengutarakan tujuan pengajaran dan batas tugas)


Menyarankan langkah yang akan dilakukan

Mengingatkan masalah pokok yang akan dibahas

Membuat kaitan (menjelaskan konsep/pengertian)










Membuat kaitan antar aspek yang relevan



Membandingkan pengetahuan baru dengan yang di-ketahui


Meninjau ulang kembali materi dengan menyim-pulkan materi

Mengevaluasi dengan menjawab soal /demostrasi

Memberikan tugas (PR)

VII.            Alat dan sumber pelajaran
a.       Media yang digunakan adalah gambar ayam, gajah, dan tumbuhan
b.      Sumber belajar/ materi : Buku Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/ MI Kelas II

VIII.            Evaluasi
Dikerjakan selama proses berlangsung

 IX.            Kesan sesudah penyajian

    X.            Kesan sesudah diskusi dengan pengamat

                                             Surakarta,      Juni 2014
                            Pembimbing                                                Nama calon guru


              (         Drs. Hermawan, M.Si             )                 (     Ratih Adityaningrum     )