Monday, September 9, 2013

Kisahku di Ramadhan Tahun Ini

Puasa tahun ini sangat terasa berbeda, tanpa sosok ayah, bagai rumah tanpa atap. Mencoba tegar menjalani kisah selanjutnya kehidupan kami (aku, ibu, dan tatag) . Terasa berat namun kami menjalaninya dengan senyuman walau masih terselip luka yang tak pernah mampu diumbar.
 
Aku, Ratih Adityaningrum menjalani puasa tahun ini insyaallah dengan penuh rahmat dari Allah SWT, Sebelumnya aku mengakui bahwa sholatku masih bolong-bolong, namun alhamdulilah mulai puasa tahun ini aku selalu melaksanakan kewajibanku. Inilah salah satu bagian rahmat terindah di puasa kali ini, selain itu dipuasa kali ini keluarga yang sebelumnya terasa jauh, sekarang malah lebih dekat, aku pikir ini salah satu hikmah dari cobaan ini.
 
Puasaku kali ini di guntur , klaten tepatnya dirumah simbahku walaupun hanya kami bertiga, tapi inilah yang ada, satu sama lain saling melengkapi. Ibuku selalu bilang kami harus mandiri, tidak usah mengandalkan oranglain, hanya tinggal kami, dan kamipun harus kuat dan tetap tersenyum.
 
Menikmati buka puasa bersama , menikmati sahur bersama, sholat berjama'ah semuanya terasa nikmat karena bersama keluarga walaupun tidak lengkap.
 
                                                  Foto
 
Memulai rutinitasku, jam 03.40 ibu baru membangunkan aku dan adikku , hampir setiap hari kami sahur dengan bakso bukan karena ibuku males memasak tapi karena setiap ibu memasak selalu tidak habis, dan keputusan akhirnya ibu hanya membeli makanan mateng saja. Setelah selesai sahur, aku tidur ? eh , tapi tetep aja gagal soalnya digangguin adekku "mbak jangan bobok, nanti tambah ndut loh" kekekeke. Jam 04.30 saatnya sholat subuh, jalan pagi menuju masjid At-Taqwa dengan mataku yang masih 10 watt, hehe, jalan paling terakhir dan suka diomelin gara-gara jalannya kayak siput keong dan kawan-kawan. Setelah sholat subuh aku,ibu,tatag, mbah jo, dan budhe suk jalan-jalan muterin kampung sekalian olahraga maksudnya. Setelah selesai jalan-jalan pulang kerumah dan masing-masing sibuk sendiri-sendiri, kalo aku dirumah mainan leptop nungguin rumah soalnya aku lagi liburan semester, kalo ibu ngajar, tatag juga sekolah, dan aku tidur lagi deh. Sore haripun tiba ? Ayo siap-siap buka puasa, hehe. Lagi, ibu cuman masak nasi, dan lauknya belii .Dan yang paling penting Syukuri apa yang ada.  Buka puasa, Sholat magrib , sholat isya + tarawih + witir . Kegiatanku cuman itu-itu saja kan ? membosankan ? ah tidak ? aku selalu menikmati setiap kebersamaan antara aku,ibu, dan tatag.
 
                                                   Foto
 
Selain rutinitas itu, kami juga mengunjungi makam ayah loh, walaupun sedih tapi kami harus kuat, walaupun dengan berdoa dirumah saja sudah cukup namun kurang lengkap jika tanpa nyekar.
 
                                                   Foto
 
Ada cerita lucu loh ? disetiap kami : aku atau ibu atau tatag memasak untuk berbuka puasa kami memiliki tanggung jawab untuk menghabiskan hasil karya kami. Soalnya puasa kali ini tuh terasa kurang nafsu makan, pokoknya tiap hari makannya itu-itu melulu, bukan karena kami sedang hemat, tapi karena lagi males masak aja . Sore tadi aku bikin Banana Secret with choco pudding. Pasti penasaran sama yang namanya Banana Secret with choco pudding pemilihan nama kerena pisangnya aku sembunyiin dibawah choco pudding jadi pisangnya enggak kelihatan. Nih, Mau Mau Mau ?
 
                                                Foto
 
Walaupun terlihat membosankan,puasaku tahun ini terasa manis asem asin. Kehilangan ayah, tinggal bertiga inilah cobaan kami. Tapi hikmahnya dipuasa tahun ini dan tahun-tahun selanjutnya kami akan selalu dekat dengan sang pencipta, karena semua yang ada didunia ini akan kembali padanya. Dan inilah bagian terindah dari ramadhan tahun ini, menjalani semua yang telah ditakdirkan dengan tetep #KeepSmile
 
                                                 Foto
Sekarang, Besok, Tahun depan Keluarga tetap lengkap karena Ayah selalu ada di Hati kami :D #AlwaysLoveYouDad


"Alhamdulilah tulisan ini memenangkan kontes menulis yang berhhadiah dispenser :D Hadiah bisa dicek di sini "

No comments: