Monday, July 8, 2013

7 Langkah Anak Kos Mengatur Uang

Hai everybody *=P~ ngiler

Hujan Uang ? Money Rain kalo diinggriskan *:-/ bingung.
Apa makna hujan uang ? Uang yang jatuh dari langit tiap bulan ditanggal pertama.
Aku mahasiswa semester 4 yang tiap bulan kena tragedi Hujan Uang 500 ribu untuk hidup di kota tetangga.
Menurut kamu uang 500 ribu itu cukup enggak sihh untuk hidup satu bulan di kota tetangga ?
Malah ada temen kosku yang tiap bulan dikasih 1 juta ? 1 Jutaa brooooo ,1 jutaa isinya duitt semuaaa.

Sabagai anak muda kita harus pintar-pintar mengatur uang, karena kesuksesan mengatur uang akan menuntun kita ke kebahagiaan.

"Dalam hidup, kamu berhak bahagia. Oleh karena itu, jangan biarkan bahagiamu ditentukan oleh orang lain. Bahagia harus ada dalam dirimu."

Okay, Jadi tentukan uangmu dengan perilaku dan sikapmu. Jangan pernah menuntut ini itu dari orang tua, malah kalau bisa kita harus meringankan beban orang tua khususnya dibidang uang.


It's time for tips aku mengatur uang 500 ribu untuk hidup satu bulan dikota tetangga.
  1. Aku selalu mengelompokkan uang-uangku : Uang Buku, Uang Makan, Uang Jalan-Jalan, dan Uang tabungan. Bertujuan agar aku bisa tetap membeli buku tanpa mengurangi uang makan aku. Menggunakan uang sesuai fungsi yang telah aku tentukan.
  2. Aku selalu membawa  uang pas didompet, karena jika aku membawa semua uangku dan menaruhnya didompet nafsu belanja aku enggak pernah bisa direm, selalu punya ambisi buat ngabisin uang.
  3. Aku selalu membuat target diakhir semester untuk membeli sesuatu dari hasil tabungan. Jadi setiap bulan aku harus menyisihkan uang untuk targetku diakhir semester.
  4. Aku selalu menggunakan uang makanku dengan baik, malahh kadang sisa karena biasanya warung-warung dekat kos-kosan itu porsi banyak sedikit itu harganya sama jadi aku selalu membungkus makananku yang bisa digunakan 2 kali makan.
  5. Aku selalu berfikir sebelum membeli, apakah barang tersebut penting sekali atau tidak? kalau penting aku harus bagaimana? masihh bisa digunakan lagi setelahnya atau tidak, kalau cuman digunakan sekali sebaiknya pinjam pada teman saja.
  6. Aku selalu membeli buku bekas, karena budget buku sedikit apa salahnya membeli buuku bekas karena ilmu yang terkandung pada buku tersebut sama saja dengan buku baru malah kita bisa mengurangi pengeluaran.
  7. Aku selalu mencatat apa yang aku beli setiap harinya, agar aku bisa tetap tau uang kemarin aku buat apa.
Tujuh langkah anak kos mengatur uang dengan bahagia. Bener-Bener bahagia deh. Semester kemaren aku menergetkan untuk membeli camera digital ? dan berhhhasil, aku membeli barang impianku dengan hasil tabungan ku sendiri, nikmat membeli sesuatu dengan uang sendiri itu lebih terasaa gimana gitu. Dan Target semester ini Tablett ? semoga bisa terwujuddd ..



Aku belajar mengatur uang itu dari www.liveolive.com sebagai sumber informasi bagi wanita untuk mendapatkan kiat-kiat mengatur keuangan sehari-hari. Apalagi liveolive sudah bisa diakses melalui LIKE FACEBOOK, FOLLOW TWITTER, FOLLOW GOOGLE + , SUBSCRIBE YOUTUBE Enak banget dari HP Juga bisa ngintipin kiat-kiat pintar dalam keuangan. Yang Junior aja udah pintar mengatur uang, ayo belajar mengatur uang bersama LIVEOLIVE.

15 comments:

InkYuRyosuke said...

nice info :)
arigato :D
tablet? pasti kamu bisa! :D

danang budi said...

nice info

HP Yitno said...

kayak ane aja. Kalau ada uang yang banyak di domper, bawaannya pengen belanja melulu.

Ratih A.Ningrum said...

hahaaaa, berarti enggak aku doang dong :D pasti kalo dompet lagi tebel dikit2 mau jajan muluuu :D

Ratih A.Ningrum said...

semangatt, doaiinn yaa sayyyy :*

moocensusan said...

sip mbak:) setuju...

Ratih A.Ningrum said...

hehehe, makasih mau mampir dan baca tulisanku :D berarti kita sehati dongg dalam cara mengatur keuangan :D heeehe

noniq said...

Bagus postingannya :) memang kalo mau pandai ngatur uang itu harus ada prinsip yg kuat dulu :)

Kalo mau sekalian biar irit makannya, masak aja :) pasti lebih irit lgi pengeluarannya.

Ratih A.Ningrum said...

iyaa lebih irit bawa makanan dari rumah :p haaha kamar kosku kecil say dilarang bawa alat2 masak :( hhaaha terus juga ribet pake masak-masak segala. hooho

websitemini said...

Uang bisa membahagiakan, kalau terlalu banyak uang membingungkan hahaha

Ratih A.Ningrum said...

lebih bingung lagi kalau enggak punya uang . hhahaha

Ratih A.Ningrum said...

Fenny Ferawati has left a new comment on your post "7 Langkah Anak Kos Mengatur Uang":

Pas masih dapet hujan uang dari ortu tiap bulan selama 1 tahun pertama, sempat gunakan tips diatas tapi begitu bisa menghasilkan uang sendiri, bubar jalaaan :D


aku said :p enak ih udah bisa cari duit sendiri :D

OM DEGE said...

boleh dicoba nih buat mahasiswa boros seperti gue hehe

Ratih A.Ningrum said...

sillahkan dicoba kak :D iihihi latian prihatinnn :p

Dwi Henny said...

makasih mba infonya..
meski aku bukan mahasiswa tapi jadi anak rantau memang susah harus pintar" mengatur keuangan sendiri..
kalo tidak lakhir bulan mesti makan ala kadarnya jdeh..
:)