Wednesday, December 19, 2012

Fasilitas di SMP N 1 Karanganyar

SMP N 1 Karanganyar sudah memiliki fasilitas teknologi untuk menunjung kegiatan pembelajaran siswa. Disetiap kelas terdapat fasilitas yang menunjang kegiatan pembelajaran siswa seperti LCD, Proyektor, AC, bahkan ada CCTV. Sistem pembelajaran siswa adalah moving class sehingga siswa lebih fokus pada mata pelajaran karena disetiap pelajaran memiliki ruangan yang memiliki fasilitas untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran tertentu. 


Fasilitas-Fasilitas Di SMP N 1 Karanganyar :
 
-      Laboratorium Bahasa berfungsi Sebagai tempat untuk aplikasi teori metodologi dan praktek di lapangan, Sebagai tempat pelatihan dan praktek berbahasa, Sebagai tempat sarana mencobakan ketrampilan mengajar materi bahasa/sastra yang bersifat audio visual, Sebagai tempat/sarana pembuatan bahan ajar. Di Laboratorium Bahasa terdapat beberapa fasilitas yaitu Komputer server+monitor, Rasio 1:1 full multimedia (headset dan audio ), LCD Proyektor + layar, TV Penerima, Sound System surround.
-          Laboratorium IPA berfungsi sebagai tempat pelatihan dan praktek para siswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan alam, yaitu Fisika dan Biologi. Fasilitas yang terdapat di Laboratorium IPA: Ruangan yang nyaman dan memadai dan Peralatan praktek yang relatif lengkap mulai dari peralatan praktek Fisika sampai Biologi.
-      Laboratorium Komputer berfungsi sebagai tempat pelatihan dan praktek penerapan TIK. Juga sebagai tempat pengembangan sumber-sumber belajar. Siswa diberikan keleluasaan dalam memanfaatkan Lab. Komputer. Terlebih di sini sudah tersedia akses internet baik melalui jaringan kabel maupun nirkabel, bagi siswa yang memiliki laptop bisa mengakses internet dengan leluasa (tentunya juga ada filter access dari sekolah). Fasilitas yang terdapat di Lab Komputer:  Komputer ratio 1:1 full multimedia (headset, web cam, dan audio ), Ruangan ber AC dan nyaman, Pembelajaran dengan LCD Proyektor , Akses internet.
-   Perpustakaan sebagai pusat sumber kegiatan belajar siswa di SMP Negeri 1 Karanganyar digunakan oleh siswa sebagai tempat menambah informasi sekaligus sebagai tempat rekreasi. Koleksi perpustakaan terdiri dari buku-buku referensi, buku ajar, buku pendukung, fiksi dll. Dalam waktu dekat akan menggunakan system e-library.
-   Jaringan Hotspot sangat membantu siswa untuk mengakses internet. Dan para guru dapat menggunakan fasilitas ini untuk menambah materi pengajaran dari internet (Pendidikan Berbasis Internet), juga bagi tamu-tamu yang datang dapat mengakses internet juga untuk membantu mereka mengetahui tentang dunia luar.

No comments: