Wednesday, June 27, 2012

Contoh RPP : Life Skill


Mata Pelajaran                   : LifeSkill
Kelas                                  : TK
Pertemuan Ke                    : 1
Alokasi Waktu                     : 1x60 menit


Standart Kompetensi          : 4. Mengetahui Cara Memakai dan Melepas Sepatu
                                          : 5. Mengetahui Cara Memakai Tas sendiri
                                            6. Mengetahui Cara Mengurus diri yang benar (Makan)

Kompetensi Dasar              : 4.1 Menjelaskan Cara Memakai dan Melepas Sepatu
                                            5.1 Menjelaskan Cara Memakai Tas Sendiri
                                            6.1 Menjelaskan Cara Mengurus diri dengan Benar
Indikator                            :
-         Memakai dan Melepas Sepatu
-         Memakai Tas sendiri
-         Mengurus diri yang benar (Makan)

 


I.    Tujuan Pembelajaran  :
      Setelah mengadakan pengajaran dan memberikan gambaran siswa dapat
Ø  Mempunyai persepsi tentang cara memakai dan melepas sepatu, mamakai tas, dan mengurus diri yang benar (makan).
Ø  Dapat mengetahui Cara Memakai memakai dan melepas sepatu, mamakai tas, dan mengurus diri yang benar (makan).
Ø  Dapat Mempraktekan Cara Memakai memakai dan melepas sepatu, mamakai tas, dan mengurus diri yang benar (makan).
II.   Materi Ajar                   : Bagian-Bagian dari Sepatu,tas, sendok,piring.
II.   Metode Pembelajaran
1. Memberikan  objek
2.Mengajarkan bagian-bagian
3.Tanya jawab             
IV.  Langkah-langkah          :
A.   Kegiatan Awal ± 20 Menit
      - Menyiapkan model / gambar / bahan  yang berhubungan dengan meteri
      -menunjukan bagian-bagian yang berhubungan dengan bahan pengajaran
      B.   Kegiatan Inti ± 35 Menit
            - Mengamati model / bahan
- Berdiskusi Cara Pemakaian
- Menjelaskan bagian-bagian bahan
- Tanya jawab tentang model pemakaian
C. Kegiatan Akhir ± 35 Menit
- Perbaikan dari cara pemakaian sepatu, melepaskan sepatu, memakai tas, mengurus diri sendiri.
      - Memberikan tugas dirumah ( PR )
V.   Sumber / Alat / Media  :
1.     Sumber Belajar
        - Tas, Sepatu, Sendok Piring
       
VI.  Penilaian
1.    Performance
Penilaian :
x10
 
            Skor maksimum 5 Skor minimal 0
            Nilai akhir ( NA ) : Skor penilaian
                                        Skor maksimum        






Mahardika N
Ratih A
Setyo Nurrachma
Silpina S A